PROPOSAL USAHA
Kripik Talas Aneka Rasa
Zata.com
Disusun oleh :
1. Bagas Tri Pamungkas
2. M. Choirul Muna
3. Rifqi Abdul Hafidh
SMK NEGERI 1 KOTA MAGELANG
2015/2016
DAFTAR ISI
BAB HALAMAN
BAB I Pendahuluan ....................................................................... 2
BAB II Diskripsi
Usaha …………… ........................................... 3
BAB III Aspek
Pemasaran .......................................................... 4
BAB IV Penelitian,
Modal, dan Pengembangan ................................... 5
BAB V Aspek Pabrik ...................................................................... 6
BAB VI Aspek Teknis …………………………………………. 7
BAB VII Aspek Manajemen ……………………………………..… 8
BAB VIII Penutup ……………………………………………….. 9
?? ?? ?? ?? ??
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Seiring
dengan berkembangnya zaman dan teknologi di era globalisasi ini, maka banyak
masyarakat yang menginginkan segala sesuatu tersedia dengan instan. Dan pemenuhan di pasar terhadap kebutuhan
komsumtif masyarakat belum maksimal. Semeentara itu di daerah kami terdapat
banyak tumbuhan umbi-umbian yang belum termanfaatkan secara maksimal. Maka kami
berinisiatif untuk mendirikan sebuah usaha “KRIPIK TALAS ANEKA RASA ZATA.COM
(lezat aman economis)” Kami melihat ada peluang bisnis di dalamnya, semoga
dapat memberikan keuntungan yang berlimpahan dan mengurangi permasalahan sosial.
- Tujuan Pendirian Usaha
-
Untuk melayani masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan konsumsi.
-
Memeanfaatkan potensi alam.
-
Membuka lapangan kerja.
-
Mengembangkan kerjasama dalam mitra bisnis.
BAB II
ASPEK PRODUKSI
A. Diskripsi Usaha
B. Rencana Pemasaran
C. Proses produksi
D. Kapasitas Produksi
BAB III
ASPEK
PEMASARAN
- PELUANG PASAR
Kelangsungan suatu kegiatan usaha akan tergantung pada adanya
kebutuhan/permintaan atas barang dan jasa untuk mengetahui berapa besar
kebutuhan utama diperlukan pengumpulan data untuk dilakukan
perhitungan-perhitungan guna kegiatan usaha yang akan dilakukan, misalnya
asumsi :
-
Di pasar pasar daerah sekitar.
-
Di kantin dan koperasi
sekolahan-sekolahan.
-
Di warung-warung terdekat.
-
Di rumah tangga.
Dari jumlah análisis diatasm prediksi konsumen memiliki usaha kripik
zata.com ini 60%. Ke usaha lain 20% dan 20% lagi memesan kripik zata.com. jika
hasilnya hanya menunjukkan sebagian kecil potensi permintaan yang dapat
digarap, maka masih terdapat peluang membuka usaha untuk melayani masyarakat
disekitar Salaman dengan prediksi sebagai berikut :
-
Potensi permintaan pasar : 30 bungkus/hari
-
60% (Kripik ini) : 30 bungkus/hari
-
20% (Kripik lain) : 15 bungkus/hari
-
20% (tidak memesan) : 15 bungkus/hari
- SASARAN PASAR
Sasarannya adalah semua yang berada di Kabupaten Magelang, Kota Magelang
dan sekitarnya terutama di Kecamatan Borobudur, Kec. Bandongan dan Kec.
Magelang Selatan.
- BAURAN PASAR
Dalam pemasaran suatu produk tentunya harus memeperhatikan produk lain yang
sejenis, beberapa usaha ataupun kelebihan dari produk kami adalah :
a.
Produk : kripik talas beraneka rasa.
b.
Harga :
-
Ukuran 1/4 kg = Rp. 5.000,00
-
Ukuran ½ kg = Rp. 10.000,00
-
1 ball = Rp. 75.000,00
c.
Tempat : toko pusat oleh-oleh di
Magelang, Bandongan, Borobudur, Magelang Selatan dan pasar-pasar terdekat.
Ataupun di pabrik kami di Dusun Terasan, Kec. Bandongan, Kab Magelang.
d.
Promosi ; dengan menyebarkan brosur,
serta membuat iklan di web, media sosial, dll.
- ANALISIS PESAING
Bisnis adalah persaingan lebih-lebih usaha kripik zata.com yang akan dibuka
usaha itu bukan satu-satunya usaha kripik yang ada di Kab. Magelang.
Oleh karena itu, perlu melakukan pengamatan dan pendataan yang detail
terhadap usaha yang ada dilokasi tersebut. Adapun pada persaingan dan estimasi
pesanan pasar saat ini menurut pengamatan sebagai berikut :
(Pada waktu tertentu akan selalu berubah tergantung bagaimana memenangkan
kompetisi).
Estimasi pasar potensi usaha kripik Zata.com pada awal buka sebanyak 15
bungkus. Apabila dari 15 bungkus pesanan tersebut diperkirakan yang benar
memesan kripik “Zata.com” sekitar 60% bungkus dalam 1 bulan yang dipesan di
Usaha kripik “Zata.com”.
BAB IV
ASPEK MANAGEMENT
- Kepemilikan
- Struktur Organisasi
- Tenaga Kerja
BAB VI
ASPEK KEUANGAN
- Prediksi Pendapatan
- Presdiksi Biaya
- Prediksi Laba Rugi
BAB VII
KESIMPULAN
- Kesimpulan
- Penutup
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
C.
IDENTIFIKASI
PERUSAHAAN
Nama Perusahaan :
KRIPIK XATA.COM
Alamat Perusahaan : 2239593
Nama Pemilik : Musyafak
Murni Sulistiyani
Nur Akadiyah
Nikmatul
Khoiriyah
D.
VISI DAN
MISI
VISI USAHA
-
Terbaik
adalah pelayanan
-
Tepat
waktu dalam pelajaran dan pengantar pesan
-
terkemuka
MISI USAHA
-
Mewujudkan
pelayanan profesional
-
Mewujudkan
keahlian dalam bidang sosial
-
Kepuasan
konsumen
-
Daya
tarik seluruh masyarakat untuk memesan
NAMA DAN ALAMAT PENANGGUNG JAWAB
Penanggung Jawab 1
Nama :
Ida Daniatul
Alamat :
Ringin Putih, Borobudur, Magelang
Penanggung Jawab 2
Nama :
Nur Afifah D
Alamat :
Brengkel II, Salaman, Magelang
Penanggung Jawab 3
Nama :
Siti Karomah
Alamat :
Kanggotan, Tugurejo, Tempuran, Magelang
Penanggung Jawab 4
Nama :
Zumrodah
Alamat :
Ringinanom, Tempuran, Magelang
BAB IV
PENELITIAN, MODEL DAN PENGEMBANGAN
A.
Pengembangan dan Rencana Desain
Produk
kami, kami kembangkan berdasarkan penelitian citarasa baru yang bernah kami
lakukan. Kami menggunakan bumbu rahasia yang menjadi andalan dan suatu ciri
yang berbeda dari usaha lainnya. Karena setiap usaha kami mempunyai citarasa
dan dapat menggoyang lidah setiap penikmatnya.
Untuk itu
bisnis kami, kami prediksikan dapat berkurang pesat karena konsumen pasti akan
kecanduan dengan pelayanan kami yang memuaskan. Selain citarasanya yang
dahsyat, usaha kami menyehatkan karena dibuat dari bahan-bahan yang non-kolesterol
dan bebas dari bahan pengawet dan zat-zat berbahaya. Serta harga-harga ekonomis
oleh karena itu terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat.
Usaha kami
di desain dengan bentuk yang menarik sehingga dapat membangkitkan selera dan
nafsu makan konsumen. Kue kami juga terjamin kehigienisan dan kebersihannya
kami sangat teliti dalam memperlihatkan cara penyajian usaha kami. Karena awal
dari makanan yang lezat yaitu penampilan yang memikat.
BAB V
PENELITIAN, MODEL DAN PENGEMBANGAN
A. Pengembangan Dan Rencana Desain
BAB VI
ASPEK PABRIK
A.
ANALISIS LOKASI
- Denah Lokasi
- Peralatan yang digunakan
a. Wajan :
1
b. Serok :
1
c. Gas :
1
d. Minyak Goreng : 1 liter
B.
MODAL KERJA
Modal kerja ini adalah modal
yang harus anda keluarkan untuk membeli atau membuat barang dagangan anda.
Modal kerja ini bisa dikeluarkan pada waktu mulai buka usaha, tiap bulan atau
setiap datang order. Modal kerja tersebut untuk pembelian bahan-bahan mentah,
setengah jadi maupun makanan jadi Rp. ……………….
C.
SUMBER MODAL USAHA
- Modal Sendiri : Rp.
30.000,00
Total kewajiban & modal : Rp. 100.000,00
D.
RENCANA PENDAPATAN
Informasi dari rencana
pemasaran diperoleh pasar potensi 50 bungkus yang dapat dilayani. Dari 150
bungkus pesanan tersebut diasumsikan hanya 50% (27 bungkus).
BAB VII
ASPEK MANAGEMENT
Dalam pendiriran usaha ini
tentunya membutuhkan pengelolaan pekerjaan, barang kenangan dan sebagainya
yaitu baik agar hasil yang diharapkan dapat tercapai. Sebelum melakukan usaha,
perlu disampaikan bentuk kepemilikan
usaha Kripik Zata.com yaitu firma, sehingga yang terlibat dalam pengelolaan
adalah kerabat dekat.
BAB VIII
ASPEK TEKNIS
A.
Pemilihan Lokasi Usaha
Lokasi usaha Kripik Zata.com
Jln. Magelang-Purworejo, Tempuran, Magelang alasan pemilihan lokasi tersebuat
adalah :
a) Mudah untuk diketahui oleh masyarakat
b) Merupakan jalan utama menuju kota Magelang
maupun Purworejo
B.
Sarana Prasarana Kripik Zata.Com
Dalam menjalankan usaha tersebut
dbutuhkan beberapa sarana dan prasarana produksi yaitu sebagai berikut :
- Rumah
- Peralatan dapur
C.
Suplay Tenaga Kerja
Kami merekrut tenaga kerja
dari lulusan SMK Muhammadiyah Salaman yang tinggal di kecamatan Tempuran. Kami
melakukan perekrutan seperti itu karena kami percaya bahwa lulusan SMK Muh
Salaman selain dikanali Pengetahuan Management yang baik namun juga dibekali
pengetahuan agama. Sehingga mereka bekerja dengan baik dan jujur serta dapat
memajukan usaha kami.
BAB VIII
ASPEK MANAGEMENT
A.
Masalah-masalah yang potensial
Masalah-masalah atau kendala-kendala yang mungkin
terjadi diantaranya :
a. Kurangnya pegawai / karyawan atau pegawai
pengantar
b. Kurangnya modal jika usaha telah
berkembang
c. Bahan-bahan tertentu susah dicari
d. Permintaan pasar yang sulit diprediksi
sehingga sulit dalam menentukan bahan baku
B.
Resiko dan hambatan
- Melemahnya pemasaran
- Berkurangnya pendapatannya
- Pelanggan yang beralih ke keripik
lain
C.
Tindakan Alternatif
- Melakukan promosi
- Mencari investor
- Mendesain produk
BAB X
PENUTUP
Demikian proposal usaha yang lebih kami buat. Apabila
terdapat kesalahan kata-kata kami mohon maaf.
Kekurangan milik kita semua dan kelebihan hanyalah milik
Allah SWT. Semoga apa yang telah kami buat dan kami persoalkan dapat menjadi
koreksi dan bimbingan bagi orang-orang yang membaca.
Proposal ini kami dedikasikan untuk perpustakaan SMK Muhammadiyah Salaman.
Cukup sekian dan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar